Pusat terapi Anak Berkebutuhan Khusus

Kami telah hadir di pringsewu, sebuah pusat terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus :

Memberikan terapi komprehensif sesuai dengan kebutuhan / kondisi anak :

1. Applied Behavioral Analisys (ABA)
2. Terapi Okupasi (Occupational therapy)
3. Terapi Sensori Integrasi (Sensory integration)
4. Terapi Wicara (Speech Therapy)
5. Terapi Perilaku (Behavior Therapy)
6. Terapi Bermain (Playing Therapy)
7. Terapi Sosial (Social Therapy)
8. Terapi Visual (Visual Therapy) dan……..

Metoda terapi terbaru, hanya kami yang mampu melakukannya yaitu :

PATTERNING THERAPY by Glen Doman
(Terapi me “pola”kan gerakan )

Fasilitas yang disediakan :
1. Ruang terapi yang representatif
2. AC
3. Single class (Satu terapis vs satu siswa)
4. Playground
5. Konsultasi perkembangan anak
6. Tes psikologi
7. Terapis bersertifikat

Apakah putra-putri anda menunjukkan hal-hal sebagai berikut :

A. Perilaku Nonverbal
1. Menghindari kontak mata atau seolah-olah melihat orang lain.
2. Tidak mengkomunikasikan emosi atau minatnya melalui ekspresi wajah.
3. Bereaksi secara negatif terhadapkontak fisik

B. Relasi Dengan Sebayanya
1. Tidak bereaksi terhadap kehadiran teman sebayanya.
2. Tidak mengawali interaksi
3. Tidak memmbangun interaksi atau memelihara pertemanan

C. Berbagi Minat dan Kesenangan
1. Tidak menunjukkan kepedulian pada orang lain.
2. Menunjukkan minat yang terbatas dalam rutinitas sehari-hari.
3. Tidak berbagi kesenangan mengenai benda maupun aktivitas.

D. Timbal-Balik Sosial
1. Tidak mencium, memeluk, atau bersalaman dengan orang lain.
2. Tidak mengambil giliran ketika bermain permainan sederhana dengan orang lain.
3. Memilih untuk sendiri.

E. Bahasa Ekspresif
1. Tidak bicara secara spontan dengan orang lain.
2. Tidak menggunakan bahasa tubuh atau isyarat untuk berkomunikasi dengan orang lain.
3. Tidak mengkomunikasikan keinginan dan hasratnya melalui kata-kata maupun bahasa tubuh

F. Percakapan (hanya dinilai bila anak telah bicara)
1. idak mengawali bercakap-cakap dengan orang lain.
2. Tidak mampu menyapa (mis: ‘hallo’) atau mengucapkan kata-kata sosial lainnya (mis: ‘tolong’,‘terima kasih’).
3. Tidak menjawab pertanyaan yang disampaikan orang lain.

G. Bahasa Stereotip (hanya dinilai bila anak telah bicara)
1. Echolali (mis: mengulang apa yang didengar dan tidak
merespon secara wajar).
2. Perseverate (mis: mengulang kata yang sama terus menerus)
3. Menceritakan kata atau kalimat yang sering didengar baik dari televisi maupun radio.

H. Bermain Imaginatif
1. Tidak menunjukkan kemampuan bermain imajinatif yang wajar dan sesuai dengan tingkat perkembangan
2. Tidak bergabung dalam permainan bersama orang lain.
3. Menyediri atau memisahkan diri dari dari teman sebaya.

I. Bahasa Reseptif
1. Tidak mampu menunjuk anggota tubuh atau benda-benda yang umum bila ditanya.
2. Tidak merespon ketika diajak bicara.
3. Tidak merespon pertanyaan atau instruksi sederhana

J. Pola-pola Perilaku dan minat yang terbatas
1. Memilih melakukan aktivitas yang sama secara berulang- ulang.
2. Menjadi sangat terganggu bila aktivitas yang disukainya disela.
3. Menolak diarahkan minatnya pada hal yang lain.

J. Rutinitas atau ritual yang tidak fungsional
1. Menunjukkan ritual dan rutinitas yang tidak perlu.
2. Menjadi sangat terganggu bila tidak dapat melakukan rutinitas atau ritualnya.
3. Menolak untuk diarahkan pada aktivitas yang fungsional.

K. Gerakan Motor yang repetitif
1. Melambaikan, memutar jari tangan di depan wajah, dsb.
2. Gerakan motorik yang berulang-ulang semakin meningkat
ketika merasa terganggu.
3. Menolak diarahkan pada perilakuperilaku ya ng produktif.

L. Terpaku pada bagian-bagian tertentu dari suatu benda
1. Selalu meneliti bagian-bagian tertentu dari suatu benda.
2. Memanipulasi benda atau bagian-bagiannya secara berlebihan.
3. Menggunakan mainan secara terpisah sebagai ganti dari
bermain imaginatif.

Bila anda menemukan pada anak minimal 2 perilaku dari masing-masing bagian (dari A – L) maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan ahli.

Iklan
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: