Sindrom Asperger Menurut skala Australia is reprinted by permission of Tony Attwood, PhD. This is an excerpt from his book ASPERGER’S SYNDROME: A GUIDE FOR PARENTS AND PROFESSIONALS.

Sindrom Asperger

Menurut skala Australia is reprinted by permission of  Tony Attwood, PhD.

This is an excerpt from his book ASPERGER’S SYNDROME: A GUIDE FOR PARENTS AND PROFESSIONALS.


Kuesioner berikut ini di dibuat untuk mengidentifikasi perilaku dan kemampuan dari Asperger Sindrom pada anak-anak usia sekolah dasar yang merupakan saat dimana pola perilaku dan kemampuan mereka dapat dengan jelas dapat diamati.  Masing-masing pertanyaan berikut memiliki peringkat skor dimulai dari angka nol (0) atau sama dengan tingkat rata-rata dari anak normal:

0=jarang(jrg),dan6=sering

Kuesioner:
KEMAMPUAN SOSIAL DAN EMOSIONAL

    1. Apakah anak tersebut kurang memiliki pemahaman mengenai bagaimana cara bermain dengan anak lain?  Contohnya, tidak menyadari akan adanya aturan permainan yang tak tertulis?|0|1|2|3|4|5|6|
    2. Jikalau sedang bebas bermain dengan anak lain, saat makan siang di sekolah, apakah anak tersebut menolak melakukan kontak sosial dengan anak lain? Misalnya, ia lebih suka memilih tempat yang sunyi atau pergi ke ruang perpustakaan? |0|1|2|3|4|5|6|
    3. Apakah anak tersebut tampaknya tidak menyadari akan kebiasaan sosial atau tata cara bertingkah laku lalu melakukan tindakan dan memberikan komentar-komentar yang tidak pada tempatnya? Contohnya, dia melontarkan suatu komentar pribadi kepada seseorang, sedangkan dia sendiri tampaknya tidak sadar bahwa ucapannya itu akan membuat orang lain marah?|0|1|2|3|4|5|6|
    4. Apakah anak tersebut biasanya mengharapkan orang lain mengerti perasaan-perasaan, pengalaman dan pendapat-pendapat mereka? Misalnya dia, tidak menyadari bahwa kita tidak dapat mengetahui hal tersebut karena pada saat itu kita tidak berada disamping dia?.|0|1|2|3|4|5|6|
    5. Apakah anak tersebut perlu selalu diyakinkan kembali, terutama ketika ada perubahan atau jika terjadi sesuatu kesalahan? |0|1|2|3|4|5|6|
    6. Apakah anak tersebut tidak dapat mengekpresikan pengalaman-pengalaman emosionalnya? Contohnya, anak tersebut memberikan reaksi tertekan atau mengasihi yang tidak sesuai dengan suatu situasi/keadaan ?|0|1|2|3|4|5|6|
    7. Apakah anak tersebut kurang memiliki kemampuan dalam mengexpresikan emosinya? |0|1|2|3|4|5|6|
    8. Apakah anak tersebut tidak berminat untuk ikut serta dalam pertandingan olah raga, permainan dan aktivitas lainnya?. Angka nol (0) berarti anak tersebut menyukai pertandingan olah raga.|0|1|2|3|4|5|6|
    9. Apakah anak tersebut berbeda terhadap trend anak sekarang atau tekanan teman? Angka nol (0) berarti bahwa anak tersebut tergila gila trend. Contohnya, anak tidak menuruti trend mutakhir dalam memilih mainan atau baju-baju?|0|1|2|3|4|5|6|

B: KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI

    1. Apakah anak tersebut kurang menerima secara harafiah suatu penjelasan dari suatu kritik? Misalnya ia menjadi bingung mengartikan idiom seperti ‘pull your socks up – berusahalah’, atau ‘looks can kill – pandangan yang mematikan’ atau ‘hop on the scales – melompat lebih tinggi’ ?|0|1|2|3|4|5|6|
    2. Apakah anak tersebut memiliki nada suara yang tidak biasa? Misalnya, anak tersebut memiliki tekanan suara yang terdengar asing di telinga atau suaranya membosankan, atau tidak ada tekanan pada kata-kata kunci/utama?|0|1|2|3|4|5|6|
    3. Pada saat berbicara apakah anak tersebut cenderung jarang memandang lawan bicaranya sebagaimana kita harapkan? |0|1|2|3|4|5|6|
    4. Apakah anak tersebut berbicara terlalu teliti atau memperlihatkan pengetahuannya, misalnya cara berbicaranya terlalu formal atau mirip kamus berjalan?|0|1|2|3|4|5|6|
    5. Apakah anak tersebut punya masalah dalam memperbaiki suatu percakapan? Contohnya jika kebingungan mereka (perempuan atau laki-laki) tidak meminta penjelasan namun hanya beralih pada suatu topik yang mereka kenal atau perlu waktu lama untuk mencari jawabannya.|0|1|2|3|4|5|6|

C. KEMAMPUAN PENGENALAN/KOGNITIF

    1. Apakah anak tersebut membaca buku khusus untuk mencari informasi, dan tidak tertarik pada bacaan fiksi? Misalnya anak tersebut gemar membaca buku ensiklopedi atau buku ilmu pengetahuan, namun tidak senang dengan buku cerita tentang petualangan.|0|1|2|3|4|5|6|
    2. Apakah anak tersebut memiliki daya ingat yang kuat mengenai sesuatu kejadian atau fakta? Misalnya mampu mengingat nomor plat mobil milik tetangga yang dilihatnya beberapa tahun lalu, atau dengan mudah dapat mengingat kembali suatu kejadian beberapa tahun yang lalu.|0|1|2|3|4|5|6|
    3. Apakah anak tersebut kurang memiliki imajinasi sosial, misalnya tidak mengikut sertakan anak-anak lain dalam permainan imajinasinya atau dia menjadi bingung ketika ikut serta dalam permainan berpura-pura dengan anak lain.|0|1|2|3|4|5|6|

D. MINAT KHUSUS

    1. Apakah anak tersebut merasa kagum pada suatu topik khusus dan kemudian gemar mengumpulkan informasi atau statistik mengenai topik tersebut? Misalnya anak tersebut berubah menjadi ensiklopedi berjalan, punya pengetahuan mengenai kendaraan, peta-peta ataupun table liga sepak bola.|0|1|2|3|4|5|6|
    2. Apakah anak tersebut menjadi marah atau kecewa berlebihan karena adanya suatu perubahan dari keadaan biasanya, atau terjadi perubahan di luar harapannya? Misalnya: dia kesal jika pergi ke sekolah melewati rute perjalanan yang lain dari biasanya.|0|1|2|3|4|5|6|
    3. Apakah anak tersebut mengerjakan (mengembangkan) suatu rutinitas atau ritual yang harus diselesaikan? Umpamanya menempatkan mainannya dengan sejajar sebelum pergi tidur.|0|1|2|3|4|5|6|

E. KELINCAHAN DALAM BERGERAK

    1. Apakah anak tersebut memiliki koordinasi motorik yang lemah? Misalnya kurang cepat menangkap bola.< |0|1|2|3|4|5|6|
    2. Apakah anak tersebut berlari dengan cara yang aneh?|0|1|2|3|4|5|6|

F. KARAKTER / SIFAT LAIN

Untuk bagian ini, beri tanda silang jika anak menunjukkan tanda-tanda yang dapat memperlihatkan sifat mereka seperti dibawah ini:

  1. Memperlihatkan ketakutan yang luar biasa karena:
    • Kesal bila mendengar suara-suara yang biasa misalnya bunyi alat-alat rumah tangga dari listrik. [_]
    • Menyentuh kulit atau kulit kepala, [_]
    • Memakai pakaian khusus, [_]
    • Suara berisik yang tiba-tiba,[_]
    • Melihat sesuatu obyek/barang, [_]
    • Kebisingan, berada di suatu tempat yang bising misalnya supermarket [_]
    • Cenderung gemetar atau kaku bila sedang dilanda kegembiraan atau suatu kekesalan[_]
    • Kurang sensitif terhadap tingkat rasa sakit yang rendah. [_]
    • Lamban dalam menjawab pertanyaan [_]
    • Memperlihatkan mimik wajah yang aneh/lucu [_]

 

 

Iklan
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: